• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy
loading...

IP Address

 

Seperti juga sistem pos, Internet juga sangat bergantung pada sistem pengalamatan. Setiap komputer di Internet memiliki satu alamat unik (yang tidak dimiliki oleh komputer lain), alamat ini berupa alamat numerik yang disebut sebagai alamat IP (IP Address). Alamat numerik ini dibagi dalam empat bagian, untuk lebih jelasnya amati contoh berikut :
Contoh 1:  192.105.232.4

"192" menunjukkan daerah geografis
"105" menunjukkan organisasi atau perusahaan
"232" menunjukkan grup komputer
"4" menunjukkan komputer yang dituju.

Setiap paket yang dikirimkan oleh TCP/IP berisi alamat IP komputer pengirim dan alamat IP komputer penerima. Berdasarkan alamat-alamat IP ini, komputer router akan mengirimkan paket-paket ini melewati Internet sampai kepada komputer tujuan.
Penggunaan IP Address ternyata tidak semudah yang dibayangkan, alamat numerik ini lebih sulit untuk dihafalkan dan digunakan. Untuk itu, digunakan alternatif penamaan dengan text/huruf. Nama text untuk sebuah alamat IP disebut sebagai domain name (nama domain). Untuk lebih jelasnya dapat diikuti penjelasan pada bagian domain name.

IP Address 4.5 5 budi Seperti juga sistem pos, Internet juga sangat bergantung pada sistem pengalamatan. Setiap komputer di Internet memiliki sat...


J-Theme